BURUNG RANGKONG


Tadi siang saya jalan-jalan di seputaran baby zoo,tiba-tiba satu meter diatas kepala saya ada yang terbang,kaget dong pastinya,karena yang terbang itu bukan makhluk kecil,melainkan burung terbongsor ( paling besar di dunia perburungan ) yang punya nama burung “Rangkong”tiba-tiba terdengar suara peluit panjang,( yang ini gak kaget lagi ) karena saya sudah  tahu bahwan pada saat itu waktunya latihan ketangkasan untuk para burung,diantaranya ya si rangkong yang terbang barusan itu.

Sambil ngobrol sama si pelatih burung saya keluarin Hp dan menjepret burung tersebut yang kebetulan hinggap di tangan si pelatih tersebut,kemudian saya tanya-tanya mengenai burung yang satu ini “kaya wartamwan aja luh pake nanya-nanya jawabnya sambil tertawa”,memang begitulah kami setiap ketemu pasti bercanda.

Menurut pengetahun teman saya yang tadi, mengenai burung Rangkong atau dalam nama ilmiahnya Buceros bicornis adalah spesies terbesar dalam suku burung Bucerotidae.Rangkong dewasa ukuranya panjangnya bisa mencapai 100 cm ,bahkan ada yang sampai mencapai 160 cm.

Warna hitam pada bulunya dan tanduk berwarna kuning dan hitam yang tumbuh diatas paruhnya yang besar adalah ciri khasnya burung yang satu ini,kulit muka yang hitam khas menambah kegagahanya,ditunjang dengan bulu lehernya yang hitam kecoklatan menambah keseraman wajahnya,namun tetap cantik kalau diperhatikan dari dekat.

Sekilas memang seram yah,padahal sebetulnya yang seram itu hanya posturnya saja ,sedangkat sipatnya yaaa selayaknya burung biasa lah,cuma bedanya kalau yang jantan gak bisa diam,sedangkan yang betina cenderung agak pendiam,seperti tadi sewaktu saya mau ambil gambarnya,jang jantan malah kabur belum sempat terjepret,

Kenapa saya mengatakan yang “jantan” malah kabur ( memangnya tahu dari mana kalau yang kabur berjenis kelamin jantan ) kan tadi saya dikasih tahu sama si Pelatih itu,katanya kalau yang matanya berwarna  biru berarti si rangkong itu berjenis kelamin betina,dan yang matanya berwarna merah berarti si rangkong itu berjenis kelamin jantan,hebat juga temanku yang satu ini ( pikirku dalam hati )
Populasi terbesar  burung ini,adalah di hutan tropis India,Republik Rakyat China,Neval,Semenajung Malaysia,dan Indonesia ,yaitu tepatnya di pulau Sumatera.

Burung rangkong ini sipatnya monogami alis seumur hidupnya hanya berdua saja ( tidak kawin ceran dan tidak poligami seperti mahluk lainya,hebat yah hehehe,,,,setia pada pasanganya,makanan sehari-hari buat si rangkong ini merupakan buah-buahan segar seperti papaya dan lain-lain,sesekali dia juga memangsa serangga bahkan reptile kecil,untuk memenuhi kebutuhan proteinya.

Sarang yang ia pakai untuk bertelur yaitu di pohon besar yang ia buat sendiri kemudian menutupnya dengan lumpur,hanya menyisakan lubang kecil untuk udara dan untuk memasukan makan yang di buthkanya selama si betina sedang mengerami telurnya,sedangkan yang mencari makan sepenuhnya menjadi tanggung jawab rangkong jantan,sampai anaknya mulai besar hingga  bisa terbang sendiri.

Perburuan liar dan hilangnya habitat hutan ,adalah merupakan suatu ancaman besar untuk kelangsungan hidup spesies burung yang satu ini,burung Rangkong ini di evaluasikan sebagai spesies yang hampir punah.

Demikian sekilas tentang burung Rangkong,yang saya terima dari seorang teman yang keseharianya bergelut dengan Burung Rangkong ini,semoga menjadi tambahan pengetahuan untuk anda semua.walau hanya sedikit,

Ahir kata mohon maaf apabila ada kesalahan dalam hal bahasa atau penulisan yang kurang tepat,mohon di keritik saja,

Terimakasih
Dede Thea

24 komentar:

  1. Paruhnya besar sekali gan, ngeri juga sih kalo kepatok :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar paruhnya hampir sebesar tangan,,wow rasanya seperti di tombak tuh kalau dipatuk ma rangkong hehe,BTW Trimakasih sob atas kunjunganya,,,,

      Hapus
    2. Burung ini memang keren sobat

      Hapus
  2. Kang saya teh sering lihat manuk nu kitu teh baru tau ayeuna ey nama na rangkong .. kumaha sajarahna tah kang make rangkong naha teu ujang , asep atawa ..h kang ie kode neon style='style='max-height:200px;overflow:auto;'> asa aneh yeuh hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha ari si ujang mah cekap kanggo ujang Ruly wungkul we,,,
      etateh lepat memasukan kode,bade di omean ngan haroream wae geuning,,,hihihi
      Haturnuhun Ujang Ruly parantos rurumpaheun kadieu hehe

      Hapus
  3. Benar sekali sobat, kalau dilihat sekilas burung ini tampak seram karena posturnya besar sekali ...
    Terima kasih sudah berbagi info sobat, salam sukses yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Kawanku PP Terimakasih atas commentnya,salam sejatera,and salam succes untuk anda

      Hapus
    2. Sama sama sobat
      terima kasih kembali dan salam sukses selalu

      Hapus
  4. Balasan
    1. terimakasih sob,salam 69 juga dech hehe

      Hapus
  5. nama nya unik dan lucu ya mas...hehe
    oh ya itu di fotonya pelatih burung Rankong nya cewe ya mas...hehe..hebat ya

    sekalian...Met tahun baru ya mas dede..
    moga thn ini mrmbawakan kesuksesan dan keberkahan...amin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. IyA Mas Budi,pelatihnya cewe tuh heheh,,,
      Selamat tahun baru juga Mas amin semoga apa yg kita cita-0citakan tercapai di tahun ini,,,,

      Hapus
  6. wah postingannya menarik nih, tentang fauna... maju terus indonesiaku...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Nur atas kunjunganya dan juga commentnya,salam succes

      Hapus
  7. Kepengin punya burung seperti itu tapi kemana bisa pesan yah...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha,,,,saya juga tidak tahu Kawan PP ,kalau untuk mendapatkanya hehe,BURUNG ini makanya banyak sob,hehe,BTW Terimakasih yah sob atas kunjunganya,,,,

      Hapus
  8. Balasan
    1. Terimakasih kawan dititik.com,atas kunjunganya,salam persahabatan,,,

      Hapus
  9. Itu Paruh apa golok gan, serem amat, udah kayak burung terminator hehehe, mantab gan semoga sukses dengan burungnya wakakaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kawan Model Rumah,atas kunjunganya,dan juga commentnya,iya memang begitu adanya yang namanya Rangkong hehe

      Hapus
  10. selamat siang kang dede,
    numpang nyimak di blog yg penuh manfaat ini kang
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan disimak kawan,mohon maaf belum ada yang baru lagi hehe,Terimakasih yah atas kunjungannya,,,

      Hapus
  11. numpang nnyimak gan...artikel bagus...salam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan Indonesia ku,dan terimakasih atas kunjunganya,salam succes

      Hapus

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya

Page Navigation by http://dapur-tutorial.blogspot.com/

DUNIA SATWA© All Rights Reserved
DEDE THEA