logo blog
Selamat Datang Di DUNIA SATWA
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Dunia Satwa,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat buat kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

BURUNG RANGKONG


Tadi siang saya jalan-jalan di seputaran baby zoo,tiba-tiba satu meter diatas kepala saya ada yang terbang,kaget dong pastinya,karena yang terbang itu bukan makhluk kecil,melainkan burung terbongsor ( paling besar di dunia perburungan ) yang punya nama burung “Rangkong”tiba-tiba terdengar suara peluit panjang,( yang ini gak kaget lagi ) karena saya sudah  tahu bahwan pada saat itu waktunya latihan ketangkasan untuk para burung,diantaranya ya si rangkong yang terbang barusan itu.

Sambil ngobrol sama si pelatih burung saya keluarin Hp dan menjepret burung tersebut yang kebetulan hinggap di tangan si pelatih tersebut,kemudian saya tanya-tanya mengenai burung yang satu ini “kaya wartamwan aja luh pake nanya-nanya jawabnya sambil tertawa”,memang begitulah kami setiap ketemu pasti bercanda.

Menurut pengetahun teman saya yang tadi, mengenai burung Rangkong atau dalam nama ilmiahnya Buceros bicornis adalah spesies terbesar dalam suku burung Bucerotidae.Rangkong dewasa ukuranya panjangnya bisa mencapai 100 cm ,bahkan ada yang sampai mencapai 160 cm.

Warna hitam pada bulunya dan tanduk berwarna kuning dan hitam yang tumbuh diatas paruhnya yang besar adalah ciri khasnya burung yang satu ini,kulit muka yang hitam khas menambah kegagahanya,ditunjang dengan bulu lehernya yang hitam kecoklatan menambah keseraman wajahnya,namun tetap cantik kalau diperhatikan dari dekat.

Sekilas memang seram yah,padahal sebetulnya yang seram itu hanya posturnya saja ,sedangkat sipatnya yaaa selayaknya burung biasa lah,cuma bedanya kalau yang jantan gak bisa diam,sedangkan yang betina cenderung agak pendiam,seperti tadi sewaktu saya mau ambil gambarnya,jang jantan malah kabur belum sempat terjepret,

Kenapa saya mengatakan yang “jantan” malah kabur ( memangnya tahu dari mana kalau yang kabur berjenis kelamin jantan ) kan tadi saya dikasih tahu sama si Pelatih itu,katanya kalau yang matanya berwarna  biru berarti si rangkong itu berjenis kelamin betina,dan yang matanya berwarna merah berarti si rangkong itu berjenis kelamin jantan,hebat juga temanku yang satu ini ( pikirku dalam hati )
Populasi terbesar  burung ini,adalah di hutan tropis India,Republik Rakyat China,Neval,Semenajung Malaysia,dan Indonesia ,yaitu tepatnya di pulau Sumatera.

Burung rangkong ini sipatnya monogami alis seumur hidupnya hanya berdua saja ( tidak kawin ceran dan tidak poligami seperti mahluk lainya,hebat yah hehehe,,,,setia pada pasanganya,makanan sehari-hari buat si rangkong ini merupakan buah-buahan segar seperti papaya dan lain-lain,sesekali dia juga memangsa serangga bahkan reptile kecil,untuk memenuhi kebutuhan proteinya.

Sarang yang ia pakai untuk bertelur yaitu di pohon besar yang ia buat sendiri kemudian menutupnya dengan lumpur,hanya menyisakan lubang kecil untuk udara dan untuk memasukan makan yang di buthkanya selama si betina sedang mengerami telurnya,sedangkan yang mencari makan sepenuhnya menjadi tanggung jawab rangkong jantan,sampai anaknya mulai besar hingga  bisa terbang sendiri.

Perburuan liar dan hilangnya habitat hutan ,adalah merupakan suatu ancaman besar untuk kelangsungan hidup spesies burung yang satu ini,burung Rangkong ini di evaluasikan sebagai spesies yang hampir punah.

Demikian sekilas tentang burung Rangkong,yang saya terima dari seorang teman yang keseharianya bergelut dengan Burung Rangkong ini,semoga menjadi tambahan pengetahuan untuk anda semua.walau hanya sedikit,

Ahir kata mohon maaf apabila ada kesalahan dalam hal bahasa atau penulisan yang kurang tepat,mohon di keritik saja,

Terimakasih
Dede Thea

Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

25 Tanggapan Pemirsa

Paruhnya besar sekali gan, ngeri juga sih kalo kepatok :D

Balas

benar paruhnya hampir sebesar tangan,,wow rasanya seperti di tombak tuh kalau dipatuk ma rangkong hehe,BTW Trimakasih sob atas kunjunganya,,,,

Balas

Kang saya teh sering lihat manuk nu kitu teh baru tau ayeuna ey nama na rangkong .. kumaha sajarahna tah kang make rangkong naha teu ujang , asep atawa ..h kang ie kode neon style='style='max-height:200px;overflow:auto;'> asa aneh yeuh hehe...

Balas

haha ari si ujang mah cekap kanggo ujang Ruly wungkul we,,,
etateh lepat memasukan kode,bade di omean ngan haroream wae geuning,,,hihihi
Haturnuhun Ujang Ruly parantos rurumpaheun kadieu hehe

Balas

Benar sekali sobat, kalau dilihat sekilas burung ini tampak seram karena posturnya besar sekali ...
Terima kasih sudah berbagi info sobat, salam sukses yah..

Balas

iya Kawanku PP Terimakasih atas commentnya,salam sejatera,and salam succes untuk anda

Balas

Pengalaman yg menarik. salam69

Balas

terimakasih sob,salam 69 juga dech hehe

Balas

nama nya unik dan lucu ya mas...hehe
oh ya itu di fotonya pelatih burung Rankong nya cewe ya mas...hehe..hebat ya

sekalian...Met tahun baru ya mas dede..
moga thn ini mrmbawakan kesuksesan dan keberkahan...amin :)

Balas

IyA Mas Budi,pelatihnya cewe tuh heheh,,,
Selamat tahun baru juga Mas amin semoga apa yg kita cita-0citakan tercapai di tahun ini,,,,

Balas

wah postingannya menarik nih, tentang fauna... maju terus indonesiaku...

Balas

Terimakasih Nur atas kunjunganya dan juga commentnya,salam succes

Balas

Sama sama sobat
terima kasih kembali dan salam sukses selalu

Balas

Kepengin punya burung seperti itu tapi kemana bisa pesan yah...hehe

Balas

hahaha,,,,saya juga tidak tahu Kawan PP ,kalau untuk mendapatkanya hehe,BURUNG ini makanya banyak sob,hehe,BTW Terimakasih yah sob atas kunjunganya,,,,

Balas

Terimakasih kawan dititik.com,atas kunjunganya,salam persahabatan,,,

Balas

Burung ini memang keren sobat

Balas

Itu Paruh apa golok gan, serem amat, udah kayak burung terminator hehehe, mantab gan semoga sukses dengan burungnya wakakaka

Balas

Terimakasih kawan Model Rumah,atas kunjunganya,dan juga commentnya,iya memang begitu adanya yang namanya Rangkong hehe

Balas

selamat siang kang dede,
numpang nyimak di blog yg penuh manfaat ini kang
terima kasih

Balas

Silahkan disimak kawan,mohon maaf belum ada yang baru lagi hehe,Terimakasih yah atas kunjungannya,,,

Balas

numpang nnyimak gan...artikel bagus...salam..

Balas

Silahkan Indonesia ku,dan terimakasih atas kunjunganya,salam succes

Balas

http://www.burbagssale2013.com/ Burberry Outlet
http://www.airmaxshoesfactory.com/ Air Max Shoes
http://www.coachblackfriday2014.com/ Coach Black Friday
http://www.coach-storeoutletonline.com/ Coach Black Friday
http://www.coachcoachoutlet.com/ Coach Cyber Monday
http://www.coachxfactory.com/ Coach Factory
http://www.coach-factoryoutletonline.net/ Coach Outlet Factory
http://www.coach-outletonlineusa.com/ Coach Outlet USA
http://www.coach-pursesfactory.com/ Coach Purses Factory
http://www.coachpurseusa.com/ Coach Purses USA
http://www.coach-storeoutlet.com/ Coach Store Outlet
http://www.coach-pursesonline.com/ Coach Purses On Sale
http://www.monsterbeatsbydres.com/ Monster Beats Outlet
http://www.louis-vuittonblackfriday.com/ Louis Vuitton Outlet
http://www.lv-guccishoesfactory.com/ Louis Vuitton Factory
http://www.marcjacobsonsale.com/ Marc Jacobs On Sale
http://www.mcmworldwides.com/ MCM Outlet
http://www.mcmoutlet-jp.com/ MCM 店铺
http://www.oakleysunglassesfactory.com/ cheap oakley sunglasses
http://www.michaelkorsmas.com/ Michael Kors Outlet
http://www.michaelkors.so/ Michael Kors Outlet
http://www.michaelkorsfactory-store.com/ Michael Kors Factory
http://www.michaelkorsoutletr.com/ Michael Kors Outlet
http://www.michael-korsfactoryonline.com/ Michael Kors Factory Online
http://www.newcoachfactoryoutlet.com/ Coach Factory Outlet
http://www.north-faceoutletonlines.net/ North Face Outlet Online
http://www.polo-outletstore.com/ Polo Outlet Store
http://www.ralph-laurenhome.com/ Ralph Lauren UK
http://www.saclongchamppairs.com/ Sac Longchamp Pairs
http://www.tcoachoutletonline.com/ Coach Outlet Online
http://www.the-coachfactoryoutlet.com/ Coach Factory Oultet
http://www.barbour-jacketsoutlet.com/ Barbour Jackets Outlet Online
http://www.canada-gooser.com/ Canada Goose Outlet
http://www.guccishoesuk-2014.com/ Gucci Outlet Online
http://www.michaelkorsstates.com/ Michael Kors Outlet
http://www.moncler-clearance.com/ Moncler Clearance
http://www.famousbagsmall.com/
http://www.moncler-jacketsoutletonline.com/ Moncler Jackets Outlet Online
http://www.northsclearance.com/ North Clearace Outlet
http://www.polo-ralphlaurenonline.com/ Polo Ralph Lauren Outlet Online
http://www.woolrich-clearance.com/ Woolrich Clearance
http://www.cvshopfactory.com/ shop.coachfactory.com
http://www.mksfactoryoutlet.com/ Michael Kors Factory Outlet
http://www.zxcoachoutlet.com/ Coach Outlet Online USA
http://www.thebeatsbydre.net/ Beats by Dre
http://www.vipbagsmall.com/
http://www.newoutletonlinemall.com/ Coach Purses Outlet Online
http://www.clickmichaelkors.com/ Michael Kors USA

Balas

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya

Copyright © 2013. DUNIA SATWA - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger